Jumat, 12 November 2010 | By: mefri unzon

Translator/Penerjemah Bahasa

Jika Anda mengalami kesusahan menemukan suatu arti/menerjemahkan dari suatu bahasa yang anda baca di dalam website atau artikel dan jurnal ilmiah, dengan perkembangan teknologi, semua kebutuhan kita menjadi dimudahkan, termasuk kebutuhan kita untuk mengartikan dan memahami bahasa lain dengan mudah.
Layanan-layanan di bawah ini dapat membantu anda untuk menghemat waktu membuka kamus atau scrolling halaman di kamus online, yang anda perlu lakukan hanyalah memasukkan isian apakah itu dengan copy paste atau mengetikkan kata atau URL halaman yang ingin kita artikan.
Salah satunya adalah IPTEK Translator. IPTEK Translator adalah sistem penerjemah bahasa Indonesia ke bahasa Inggris dan sebaliknya dengan menggunakan teknologi penerjemahan mesin berbasis statistik, yang lazim disebut dengan Statistical Machine Translation (SMT). Sistem ini merupakan salah satu hasil riset yang dilakukan oleh Balai IPTEKnet – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sejak beberapa tahun terakhir. Riset ini merupakan suatu kolaborasi dengan kelompok riset internasional untuk mengembangkan teknologi bahasa (teks dan suara) dalam skala besar di Asia. Kami mengharapkan pula sistem ini merupakan salah satu kegiatan yang memajukan Free Open Source Software (FOSS) di Indonesia.
Globalisasi menghendaki setiap individu untuk berkomunikasi dengan berbagai bahasa. SMT berbasis web mewakili perangkat yang dapat membantu komunikasi antar bahasa mana pun, kapan pun, dan siapa pun menuju masyarakat informasi Indonesia.
Sistem terjemahan dengan model statistik menggunakan korpus (kumpulan kalimat) monolingual dan bilingual untuk mengembangkan kemampuan penerjemahan. Korpus paralel adalah kumpulan padanan sebuah kalimat dalam dua bahasa yang memiliki kesamaan arti. Semakin banyak korpus maka akan semakin baik pula kemampuan IPTEK Translator. Untuk itu kami juga menyediakan wadah dalam web ini untuk mendapatkan kontribusi korpus dari anda. Akhir kata selamat mencoba menggunakan IPTEK Translator ini, semoga bermanfaat, dan silahkan sampaikan saran dan kritik anda melalui formulir yang telah kami sediakan. ( Sumber )
Situs-situs translator lainnya adalah:1. 101 Languages
2. AjaxTrans
3. AllWords
4. AltaVista Babel Fish
5. Aquarius.Net
6. BabelPlex
7. ForeignWord
8. FreeDictionary 
9. Google Translate
10. ImTranslator
11. iPhoneCedict
12. LingoDeal
13. NetFinder
14. PanImages
15. PopJisyo
16. Proz
17. SDLFreeTranslation
18. TranslatorBase
19. TranslatorsCafe
20. WordReference
21. WorldLingo
22. Yahoo Babel Fish
Silahkan memilih dan selamat mencoba. Dan silahkan informasikan bagaimana pengalaman dalam menggunakannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "